Berbagi seputar Internet, Komputer, Gatget dan flash handphone

Tuesday 27 October 2015

Cara Berhenti Berlangganan Layanan Internet Indihome (speedy)

| Tuesday 27 October 2015
Cara Berhenti Berlangganan Layanan Internet Indihome (speedy) - Cara memasang layanan internet indihome memang mudah, cukup telpon 147 atau mengunjungi plaza Telkom terdekat untuk pengajuan pemasangan layanan indihome, kita tunggu beberapa hari petugas lapangan akan datang dan memasang jaringan layanan tersebut.

Tapi bagaimana kalau kita ingin menghentikan/berhenti berlangganan layanan ini karena alasan-alasan tertentu kita harus menghentikannya sehingga dibulan berikutnya tidak ada tagihan yang muncul karena toh tidak digunakan lagi. Untuk berhenti berlangganan layanan internet indihome ternyata cukup mudah tidak ribet atau dipersulit dengan motto “kenapa harus dipermudah kalau di persulit bisa” tidak jamannya kali hehe…


Cara Berhenti Berlangganan Layanan Internet Indihome (speedy)
Indihome speedy
 

Syarat yang harus dipersiapkan biar tidak bolak-balik ke plaza Telkom
  • Foto copy ktp (ktp kita yang mengajukan permohonan penghentian layanan indihome)
  • Bukti pembayaran bulan terakhir (kalau belum dibayar nanti di suruh bayar dulu dibagian pembayaran)
  • Bawa uang cadangan (uang ini buat titipan bulan berikutnya missal kita mengajukan berhenti berlangganan tgl 26 oktober jadi nanti kita harus bayar bulan November dari tanggal 1-26 yaitu 26 hari)
  • Materai 6rb 1biji biasanya di plaza Telkom menyediakan nanti bayar ke adminnya
  • Surat kuasa dari pemilik nomor Speedy tapi pengalaman saya 2x tidak diperlukan cukup bawa fotocopy ktp yang mengajukan penghentian indihome.
  • Bawa stb sama modem kembalikan ke plaza telkom

Baca juga :


Setelah sudah siap semua syaratnya kita langsung kebagian admin 
Nanti kita di kasih surat cinta oleh petugas plaza telkom (admin) dan kita isi sesuai dengan apa yang diminta suratnya seperti gambar dibawah ini :

Cara Berhenti Berlangganan Layanan Internet Indihome (speedy)

Setelah di isi kita tanda tangan di atas materai dan membayar titipan bulan berikutnya tanda terimanya seperti gambar dibawah ini…

Cara Berhenti Berlangganan Layanan Internet Indihome (speedy)

Catatan dari situs indihome :
  • Pelanggan dapat berhenti berlangganan dengan terlebih dahulu memberitahukan kepada Telkom, untuk selanjutnya dilakukan proses administrasi sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Pelanggan (eks pelangan) tetap bertanggungjawab untuk melunasi tagihan IndiHome yang menjadi kewajiban pelanggan kepada Telkom.
  • Bila pelanggan memutuskan berhenti berlangganan, maka otomatis layanan akan berhenti (layanan Triple Play seperti internet, interactive TV dan phone serta add on/fitur IndiHome otomatis tidak bisa digunakan) dan seluruh perangkat Telkom yang terdapat di pelanggan akan diambil kembali oleh pihak Telkom.
  • Untuk pelanggan non IndiHome / masih pake kabel tembaga (telepon dan internet) dapat berhenti berlangganan sesuai ketentuan yang berlaku. (pengalaman admin berhenti line telpon dan internet, line telpon masih bisa di gunakan buktinya karena no telpon lama di kabari promo untuk mengaktifkan kembali tapi admin tolak)

Demikianlah cara berhenti berlanggan layanan indihome sangat mudah bukan, semoga artikel ini bermanfaat..

Related Posts

58 comments:

  1. Min prosesnya cmn 1 hari aja yah? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, yang penting semua syarat harus di bawa seperti modem dan stb dll...

      Delete
  2. Mau nanya... Nmr tlpn iqt d cabut jg gak? Krna nmr tlpn itu sdh ada sblm saya pke indi home

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung mas, klo mau nutup layanan indihomenya saja telpon masih bisa di gunakan.
      klo waktu saya sih di tutup semua indihome sama line telponnya.

      Delete
    2. update mas...tadi baca2 berita di kompas Berhenti langganan Telkom Indonesia Indihome = Berhenti internet, berhenti tv, dan.. Cabut line telepon, dan no telepon 20 tahun lebih hangus gitu aja, coba langsung tanyakan ke csnya mas 147... :)

      Delete
  3. Ya Salaaaaam...jebakannya mantap banget. Di awal gak ada perjanjian seperti itu. Ya udah makasih mas. Stdknya udah siap mental bwt tlpn 147. Nmr tlpn udah nyebar kmana2, aplg sya wiraswasta. Nmr tlpn rmh itu penting bgt. :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh sayang banget tuh...moga dapet kabar baik mas, line telpn masih bisa di gunakan, amin :)

      Delete
    2. Iya deh makasih infonya. Klo fasilitas telpon yg udah lama d cabut, itu kesannya seperti fasilitas tv lokal (antena) yg udh ada sblmnya, iqtan d cabut jg, krna sya berhenti berlangganan. Seolah2 seperti itu. Ini sya pke bulan ke-5, chanelnya byk skli yg d kurangin, pdhl tdk ada perubahan paket, byr jg ttp. Sblmnya ada bbrpa chanel anak2, anak saya yg suka ntn aplg disney junior, masak skrg tinggal duck tv (chanel unt bayi)doank? Cm 1 yg bsa d lihat. Yg laennya ilang smua. Gak sesuai perjanjian awal.

      Delete
  4. Sekedar tambahan info aja, saya baru tlp 147, kalo saya mw berhenti langganan indi home, smua line telpon, internet dan tv kabel, akan d cabut smua, meskipun sblmnya udh pny tlpn rmh. Lalu kalo mau pasang tlpn lagi, udh gk bisa, kcuali qt harus berlangganan ketiganya. Sklipun saya pindah rmh baru yg tdk ada tlpn nya, jk mw pasang tlpn rmh, harus berlangganan ketiganya (katanya kebijakan Telkom begitu). Smoga sya tdk salah tanggap, sya berbicara dr 147 dg Dodi. Bener2 menjebak. Sebenernya pd saat awal pasang, sya sdh setuju dg penawarannya, trmsuk dg pilihan chanelnya. Skrg chanel d kurangin (banyak), itu yg bikin saya mw berhenti berlangganan. Pikir2 lg deh klo mau pake Indi Home. Kualitasnya sbnrnya bagus. Tp tdk sesuai dg penawaran awal, itu yg bikin kecewa. Jadi curhat deh. Smoga bermanfaat. Jika ada yg salah, mohon klarifikasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas udah di share di sini info tambahannya moga bermanfaat, untuk pertimbangan buat yang mau pasang indihome, klo saya ga memperhatikan isi chanel ga tau berkurang apa bertambah :), saya sih masih setia ama indihome soalnya di sini ga ada lagi selain dari telkom maklum di daerah.

      Delete
  5. Makasih mas infonya, sy mau cabut indihome sy, krn d brosur d katakan bayarnya perbulan 350rb. nyatanya sy masang dr juni 2015-januari 2016 kmrin slalu bayar 500rb. kmrin sy d sms indihome kl promo sy sudah habis dan akan disesuaikan 20rb. sy langsung mkir saat promo saja sy bayarnya sudah sangat berlebih dr sharusnya, apalagi kl sudah tidak promo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mba.. itu mungkin karena sewa stb sama modem + pajak jadi segitu, indihome saya juga abis massa gimmick nya.. setelah di cek chanel movie pada not subscribe.

      Delete
  6. Sama... awal blg cm bayar 355.000 utk paket 10mbps.
    Bulan pertama cm byr 188.000 kata mreka karna pemakaian setengah bulan dr awal pemasangan (masih masuk akal)
    Bulan kedua bayar 399.000-byk bgt melebihi 355.000 yg katanya sudah include smua. Pas ane telp ke 147, alasannya ada biaya admin, materai,dll. Tp kok sampai sebanyak itu? Ane itung mulai pake sempoa smpe kalkulator ya masi ga nemu itungan versi mreka. Tp apa boleh buat, tagihan sudah muncul dan harus dibayar.
    Rencana cabut bulan ketiga, nanggung uda kepake separo

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya saya juga naik 20rb entah apa ga tau,chanel pada ilang karena dah abis masa grimmick, mau gimana lagi cuma ada indihome di daerah saya :)

      Delete
    2. itu dapet promo ga? soalnya ada sales ke rumah nawarin indihome ga usah bayar grtis sampai april kl mau bayar lg nanti dibulan mei tgl 3. eh skrg udh ada tgihan 180 blum 2mnggu pdahal.. boong salesnya, bener ini grtis tinggal nikmti aja interntnya. tp tetep bayar.. mau cabut nanti kl kuota udh mau abis akhir bulanan jd byrnya bulan april aja yah mas? atau bulan berikutnya juga.takut tagihannya membengkak soalnya atas nama saya. saya masih mahasiswa dpt uang dr mana.. huhu nyesel bgt lah

      Delete
    3. klo berhenti sekarang bayar tagihan bulan sebelumnya + sama bln ini dari tgl 1 sampai tanggal sekarang.

      Delete
    4. yg buln kemaren cuma 5 hari tagihannya 0, bulan ini tagihannya 180. saya matiin aja soalnya takut tambah gede bayar nya.
      jadi gimana? tagihan bulan ini aja dr tgl 1 ampe 10, tp kuota ada 20 udh kepake 5giga. galau takut bayar gede 400an soalnya bayar uang dr bekel sendiri.. smnggu ga jajan huhu..bohon reply nya yah gan.

      Delete
    5. langsung dateng ke plaza telkom terdekat aja mba.. cari info...sambil bawa syarat berhenti klo di rasa memberatkan perbulannya

      Delete
    6. saya dapat promo biasa setoran awal setengah harga. sama gratis channel premium (sekarang dah abis) ambil paket 10M perbulan sekitar 480rb-an bayarnya.

      Delete
    7. nah iya yg saya takutkan bulan berikutnya tagihan nya 400an, saya belum kerja, salesnya blg byr 200 tiap bulan jd saya ok. tp ngeliat komenan disini 400, saya pertama 200rbuan bayr bln brkitnya 400an, yaudh deh mending di cabut lg aja, paket data di hp juga cukup ada grts wifi juga dikampus. nah takut bulan berikut binggung byrny, skrg msh bisa kebayar kl 200an. mksh yah mas info nya. saya mau nyri yg internet nya g 3play terlalu berat

      Delete
    8. oh iyah kn ad data 15 giga lagi, itu bisa dipake atau abis, atau gimana? kmren kan tagihannya sekitar 180an kalo di pake lg intnetnya nambah lg ga tagihannya atau tetep segitu aja udah termasuk sebulan tagihannya? makasih mas mohon balas lagi..

      Delete
    9. mas dulu waktu pasang pembayran pertama ma kedunya berapa? tagihan di hitungnya dr tgl 1 ampe 30/akhr bulan? misalnya tagihan bulan maret dibayar bulan april sebelum tgl 20, atau tagiahan bulan maret dibayar bulan maret juga? kita pake dulu internetnya atau bayar dlu interntnya? pusing mas help me yah

      Delete
    10. setiap daerah berbeda2 di daerah saya memang segitu 10M 480rb-an... awal awal emang murah soalnya kan tidak di pake full satu bulan... perhitungan indihome yang saya tau pake dulu baru bayar jadi bisa di bilang apabila kita bayar bulan april itu bayar untuk bulan maret. indihome kan ultilimited cuma klo kuotanya dah abis kecepatan akan berkurang. tagihan akan tetap. tagihan bulan mei mungkin dah normal 200rb seperti yg sales bilang.

      Delete
    11. tagihan bulan maret 0 dan april 180. tp di web mytelkomnya pembayaran dilakukan sblum tgl 20. berarti bulan ini juga yah. emang kita pake dulu tp byrnya jga bulan ini sblum tgl 20.galau

      Delete
    12. 180 bayar bulan maret (sewa stb sama modem dll). mungkin pembayaran bulan depan baru 200rb

      Delete
  7. Mau tanya mas, ane disaranin kalo mau berhenti pake speedy (secara ilegal) tinggal ga usah bayar sampe telkom cabut sendiri speedynya. Ane masih pake yg kabel tembaga dan kos2an (kabel telpon ga penting) dan yg registrasi speedy bukan anak2 kos angkatan ane (leluhur). Menurut mas gmn? Bakal ditagih lg ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bakal di tagih terus...lewat telpon maupun surat...nanti masih di anggap berlangganan.

      Delete
  8. lagu lama ...
    tiapa hari makan uang HARAM
    emang bener sih kita semua bakal di siksa di alam kubur, tapi klw untuk orang-orang TELKOM Disiksanya di NERAKA J..H..N..M
    belum juga sebulan berlangganan.. pertengahan bulan udh ngabisin pulsa 50 rbu buat nelpon 147..
    gimna untuk kedepannya yah .. mungkin gw membutuhkan pulsa 100 rbu perbulan untuk nelpon 147 + bayar perbulan untuk Indihome nya
    kadang juga isi pulsa telkomsel 10 rbu dan tau-taunya pulsanya ilang sisa 100 perak
    terus-terusan juga kyk gtu.

    gw karena terpaksa berlangganan , karena butuh internet and pulsa..
    suatu saat nanti ketika dunia hancur barulah tau rasanya SAKIT ITU SEPERTI APA ..
    1 perak makan uang haram dari kecerobohan memberikan pelayanan dan ternyata di bayar dengan uang yang sungguh-sungguh tetapi mendapatkan pelayanan buruk, SIKSA di alam kubur dipertanggung jawabkan..
    SAKIT BENER HATI GW.. nelpon 147 malah gw yang di marah-marahin
    GAK TERBALIK yah .. GW nelpon juga pake pulsa dari beli pake uang hasil kerja keluar keringet dari ubun-ubun sampe ke jubur, gak seperti kamu yang cuma banyak duduk dan dapet uang..
    sedikitnya dari uang kita juga yang kurang diberikan pelayanan dengan baik.
    Hhhhhhmmmm ..
    MOHON MAAF SAYA KHILAF

    ReplyDelete
  9. kalau downgrade indihomenya bisa gak ya gan? tinggi bgt byrnya 350rb perbulan, pengen yg paling murah, q searching2 ada yg 170rb perbulan dgn 512kbps. gmn mnrt agan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. paket indihome setiap daerah berbeda2, klo pengen downgrade bisa langsung datang ke plaza, kecuali klo mau upgrade bisa langsung melalui telpon 147. klo menurut saya 512kbps kekecilan min 1M lah :)

      Delete
  10. mas saya mau tanyak, saya udah telat bayar dan indihomenya udah tidak bisa di gunakan setiap mau untuk internetan terus saya mau berhenti, kira-kira saya akan di kenakan tarif berapa ya. kalau di biarkan aja tanpa harus datang ke telkon nantinya jadi masalah ndk ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikenakan tarif denda setiap bulan dan bulan yang berjalan, klo di biarkan seperti pengalaman temen sih setiap bulan akan datang surat tagihan indihome tapi lama kelamaan akan berhenti. klo dah duit lebih lebih baik di tutup aja :D

      Delete
  11. Mas mau tanya, saya kan awalnya ditawarin sales, sebulan pertama gratis. Nah tiba2, baru 2 mingguan ditelfon, katanya tagihan sebesar 200ribu. Terus saya diemin, sampe 2 bulan. Nah, terus ditelfon lagi beberapa lama, katanya tagihan bulan kedua 400 ribuan, padahal bulan kedua saya tidak ada pemakaian. Lalu saya disuruh ke plasa telkom, disuruh protes. Pertanyaanya, kalo saya pengen cabut aja tuh indihome, berapa biaya yang harus dikeluarkan? Dan misalkan saya ingin berhenti secara ilegal itu biasanya gimana nanti? Apakah bisa? Takutnya rumah saya nanti digedor gedor debt collector atau malah berurusan dengan hukum. Terima Kasih :)

    ReplyDelete
  12. Maaf mas, mau nanya. Pertama saya ditawarin sales, sebulan pertama gratis. Tapi di minggu ke 2, sudah ditelfon, katanya tagihan saya 200ribu. Nah dibulan kedua, saya juga dikenakan tagihan sebesar 400ribu, padahal saya tidak ada pemakaian (isolir) di bln kedua. Kata mbak2nya,suruh komplen ke plasa telkom aja. Nah pertanyaanya, kalo mau dicabut tuh indihome berapa kira2 biaya yg harus dikeluarkan, dan misalkansaya ingin berhenti secara ilegal (tidak dibayar bayar) nanti bagaimana kelanjutannya. takutnya malah berurusan dengan hukum, atau malah rumah saya didatengin debt collector. Maksih maas, mohon dijawab :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya di boongin salesnya deh, sistem indihome tuh pake dulu baru bayar, pas awal masang kan tidak full satu bulan jadi di kenakan 200rb dan bulan berikutnya bayar full, klo masang indihome di pake atau tidak harus bayar bulanan mas rugi klo ga di pake. pengalaman temen sih waktu namanya masih speedy berhenti tanpa ke plasa (dibiarin) cuma dapat surat tagihan saja tiap bulan sama di telpon terus...lama2 ilang. lebih baik sih tutup saja lah langsung ke plasa telkom.

      Delete
  13. Mas, dikasih history/riwayat internet selama kita memakai indihome ga ?

    ReplyDelete
  14. mas ini saya mau cabut wifi sementaratapi kok gak bisa?

    ReplyDelete
  15. mw tanya klo saat ini mw nyabut indihome apakah line telepon juga dicabut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu iya, tetapi sekarang berlangganan cuma line telpon saja bisa, datang aja ke plasa telkom terdekat untuk lebih jelasnya.

      Delete
  16. itu jadi bayarnya 2x ya mas, buat oktober sama november?

    ReplyDelete
  17. Selamat Malam, saya berlangganan indie home di Cikarang paket 10m dengan tagihan perbulan 400 rb bulatnya. Pembayaran saya tiap bulannya jatuh tempo tanggal 5. Nah di tanggal 3 ini saya mau berhenti karena pindah lokasi tempat tinggal. Perhitungan saya, kan berhentinya sebelum jatuh tempo tanggal 5 Agustus, jadinya saya tidak perlu bayar untuk pemakaian di bulan Agustus, karena sudah berhenti.
    Perhitungan saya benarkah?
    Karena apabila saya berhenti tanggal 3 Agustus tapi tetap dikenakan biaya full 400 rb pemakaian Agustus padahal saya tidak pakai hal, rasanya sangan irasional dan tidak masuk akal.
    Sejahat itukah indiehome?
    Mohon balasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. met pagi, jatuh tempo indihome tgl20 mas, klo lebih dari tgl 20 dikenai denda, klo misal berhenti tgl5 nanti paling bayar full + tgl 1-5 agustus, klo bisa sih lebih cepat lebih baik. saya juga kurang ngerti perhitungannya gimana, tetapi pengalaman saya perhitunganya begitu.

      Delete
  18. Pengalaman saya pribadi pribadi masalah indihome ini , seperti di tipu karena tampa pemberitahuan tagihan langsung melonjak , karena ini semua sepak terjang sales nya yg awalnya menawari saya tuk mengganti modem lama ke indihome , yg lama saya cuma bayar 190 katanya klu di ganti indihome cuma nambah 50 rb karena ada tambahan paket tv nya dan katanya gak bakalan naik eh tau nya tiap bulan naik tanpa konfirmasi terdahulu aku datang ke plasa telkom katanya gak bisa lagi di turunkan ke asal karena merasa ketipu jadi ku stop aja dan berhenti berlangganan dan udah ku telpon 147 untuk berhenti dan di suruh ngembalikan perangkat , sampai sekarang masih belum udah 3 bln gak kepake

    ReplyDelete
  19. Memang konsumen selalu di posisi dirugikan, begitu telat kena denda namun saat bayar lebih awal (misal bulan oktober, konsumen ajukan pemutusan di tanggal 18 Okt) langsung diputus layanannya yg artinya dirugikan karena bayar sebulan penuh namun layanan diterima tidak sebulan penuh.

    ReplyDelete
  20. Apa gak masalah kalo cuma dibiarin gak dibayar?
    Nanti belakang2nya dipermasalahin gak sama pihak Telkom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak masalah paling di telponin terus...atau dikirim tagihan lewat pos, lama-lama ilang sendiri, resiko nama kena blacklist

      Delete
  21. kalau bukti pembayaran hilang bagaimana ya?

    ReplyDelete
  22. Itu uang cadangan berenti tgl 26 okt. Tp masih bayarin bln november? Apa admin salah ketik? Menang byk dong telkom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi kalau kita berhenti berlangganan tgl 20 februari nanti disuruh bayar bulan januari dan tgl 1-20februari.

      Delete
  23. min tanya, di daerah saya ga ada jaringan fiber, adnya tembaga, selain itu, nah saya tanya" kepada plaza, min 3 orang agar bisa buat jaringan, udah ada 1 yang daftar, kurang 2, jadi saya daftar 2, terus kalau udah kepasang niatnya, sebelm 1 bulan itu yang 1 di putus jaringannya, jadi saya masih punya 1 jaringan, bisa gak min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pindah saja dari tembaga ke fiber jadi tidak usah nutup jaringan lama. maaf nih baru bales.

      Delete
  24. Permisi saya mau tanya. Saya sudah pasang indihome sejak 1th yg lalu bersama teman2 kos saya. Tapi bulan kemarin saya sudah tidak lagi bertimpat tinggal disana. Tiba2 anak2 kos yg baru saat ini sama sekali tidak membaya tagihan wifi, apakah saya harus mencabut indihome saya ke telkom atau apakah jika saya diamkan saja wifi akan diputus dg sendirinya tanpa adanya tagihan kesaya karena waktu pemasangan dulu atas namanya adalah saya? Anak2 kos yg baru sudah mencoba membayar ke alfam*di tapi saat login tidak bisa masuk, jika saya mengubah kepemilikan indihome kepada orang lain apakah bisa? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak usah di bayar juga gpp. nanti jaringannya di cabut pihak indihome

      Delete
  25. Rugi banyak jadinya kalau minta cabut ke Plasa Telkom, kena biaya penitipan 1 bulan. Saya mau cabut, tapi gak mau rugi. Tapi takut juga nanti bermasalah kalau gak lapor, gimana ya min.

    ReplyDelete